Realized heritabilitas

>> Jumat, 02 April 2010

Realized heritability merupakan salah satu cara mengestimasi nilai heritabilitas. Pengukuran dengan menggunakan metode ini didasarkan pada respon seleksi, dimana heritabilitas merupakan perbandingan antara respon dan seleksi (Fehr, 1987). Perbedaan rata-rata populasi dari biji terseleksi dengan populasi asal disebut respon seleksi (Poespadarsono, 1988).
Beberapa faktor yang mempengaruhi besarnya pengukuran heritabilitas antara lain karakteristik populasi, sampel genotip yang diteliti, metode perhitungan, seberapa luasnya evaluasi genotip, adanya ketidakseimbangan pautan yang terjadi, dan tingkat ketelitian selama penelitian (Fehr, 1987). Nilai duga heritabilitas dibutuhkan untuk mengetahui proporsi penampilan yang diakibatkan oleh pengaruh genetik yang diwariskan kepada keturunannya (Poehlman, 1979).
Nilai duga Heritabilitas berkisar antara 0,0 – 1,0, nilai duga Heritabilitas sebesar 1,0 menunjukkan bahwa semua variasi penampilan tanaman yang ditimbulkan disebabkan oleh faktor genetik sedangkan nilai duga Heritabilitas 0,0 menunjukkan bahwa tidak satupun dari variasi tanaman yang muncul dalam populasi tersebut disebabkan oleh faktor genetik (Knight, 1979).

0 komentar: