Macam-macam kultivar

>> Selasa, 02 Juni 2009

Macam-macam kultivar yang dapat dihasilkan oleh seorang pemulia
tanaman :

1. kultivar galur murni, merupakan pengembangan galur-galur tertentu dari suatu populasi asal , hingga populasi varietas mempunyai tingkat keseragaman genetik (homozygot) atau dengan kata lain variabilitas genetiknya sempit

2. kultivar murni, merupakan salah satu kultivar hasil persilangan yang dihasilkan dari konstitusi genetic yang sama sehingga menuju kearah bertambahnya homozigousitas..

3. kultivar komposit, merupakan suatu kultivar hasil seleksi pada generasi lanjut dari populasi yang merupakan hasil persilangan campuran (intercross) dari berbagai macam breeding materials. Sebelum dilakukan intercross tidak dilakukan pengujian daya gabung terhadap breeding materials yang digunakan

4. kultivar sintetik, merupakan hasil persilangan campuran beberapa breeding materials, baik berupa galur-galur inbred ,klon, maupun suatu varietas yang telah diketahui potensi genetiknya.

5. kultivar hibrida, merupakan hasil persilangan dua tetua atau F1 yang mempunyai penampilan yang lebih baik dibandingkan dengan penampilan rata-rata kedua orang tuanya ( heterosis)

6. kultivar poliploid, merupakan hasil pemuliaan dengan cara menggandakan kromosom dari jumlah kromosom dasar akibat terjadinya mutasi.

7. kultivar transgenik, merupakan hasil bioteknologi, merupakan suatu tanaman yang telah mengalami rekayasa genetika sehingga terjadi perubahan sifat secara genetic dan fisiologik.

8. kultivar klon, merupakan kultivar hasil persilangan yang diperbanyak dengan menggunakan klon
9. kultivar campuran, merupakan kultivar yang terdiri dari campuran dua atau lebih kultivar yang sengaja di campur. Dengan tujuan mengurangi resiko kegagalan terutama serangan penyakit, yaitu bila kultivar yang satu tidak menghasilkan dengan baik dapat ditutup oleh kultivar lain.

10. kultivar multilini, merupakan campuran galur-galur yang secara genetic sama kecuali masing-masing galur mempunyai gen yang berbeda untuk resisitensi terhadapa pathogen penyakit galur-galur yang susunan gen-gennya identik.

0 komentar: