MAKANAN ORGANIK

>> Kamis, 04 Juni 2009

Tren Makanan Organik
Berbagai penyakit pada 10 tahun ini menunjukkan angka yang mengkhawatirkan seperti jantung, kolestrol, kanker, dan typhus meningkat dengan pesat. Tak pelak jumlah korban meninggal dan yang berada dalam stadia lanjut di rumah sakit di Jakarta terus melonjak. Apa yang menyebabkan hal itu terjadi ? menurut lembaga survey Indonesia hal ini dikarenakan oleh pola makan masyarakatnya yang tidak sehat. Makanan berlemak, seperti santan, daging, makanan cepat saji, dll. Selain itu makanan berupa sayuran yang kini beredar di pasaran mengandung pestisida yang bahanya dapat terlihat pada usia lanjut. Hal ini dikarenakan akumulasi dari residu yang terkandung oleh pestisida yang digunakan pada sayuran.
Dengan keadaan demikian masyarakat membutuhkan makanan sehat, salah satunya adalah makanan organic. Apakah yang dimaksud makanan organic? Makanan organic adalah makanan yang diproduksi berupa buah, sayur, dll yang dalam penanamannya tidak menggunakan bahan kimia sedikitpun seperti pupuk dan pestisida, menurut konsultan diet di Baylor All Saints Medical di Amerika, tanaman itu juga tidak boleh diproses menggunakan iradiasi atau penambahan hormone. Di pasar swalayan kini marak penjualan sayuran organic. Harga dari sayuran ini tidaklah murah, hampir tiga sampai sepuluh kali lipat dari biasanya. Untuk itu kita harus mengecek label produk organic apapun untuk mengetahui dengan pasti apa yang akan dikonsumsinya.
Menurut USDA, produk berlabel “100 persen organik” berarti produk tersebut hanya boleh mengandung unsure organic dengan pengecualian air dan garam. Sedangkan produk berlabel “organic” berarti produk tersebut mengandung unsur organic minimal 95 persen. Pada produk dengan label “dibuat menggunakan unsure organic” berarti produk tersebut setidaknya 70 persen mengandung unsure organic. Mengingat harga makanan yang mahal sudah sebaiknya konsumen mengerti akan hal ini jangan samapai makanan yang dibelinya tidak sama sehat dengan produk yang lain. Menurut Mullins, yang pening adalah mengkonsumsi lima porsi sayur dan buah tiap hari. Baik organic ataupun anorganik.

0 komentar: